Regular Courses / Diklat Reguler

30-May-2017

SEAQiM memiliki 7 diklat regular yang di tawarkan kepada guru-guru dan tenaga kependidikan matematika se-Asia Tenggara.

  1. Teacher-Made Mathematics Teaching Aid    Diklat ini menekankan akan pentingnya guru agar dapat menciptakan alat bantu mengajar sederhana dari bahan yang tersedia untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika. Dalam diklat ini, peserta akan belajar merancang dan mengembangkan alat peraga matematika dari bahan tersedia.
  2. Joyful Learning in Mathematics Education    Diklat ini memberikan perspektif berbeda bagi guru matematika dalam mengajar. Guru diperkenalkan ke berbagai kegiatan yang menyenangkan untuk mempromosikan pembelajaran yang bermakna. Tujuan diselengarakannya diklat ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi peserta dalam mengembangkan dan membuat lingkungan pembelajaran yang menyenangkan (joyful) dalam pembelajaran matematika.
  3. Differentiated Instruction in Mathematics Education    Diklat ini dirancang untuk membantu guru matematika di Asia Tenggara dalam merancang pembelajaran matematika dengan instruksi berbeda yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa dalam matematika. Lebih penting tentu saja ini akan membantu guru matematika untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk merancang pengajaran matematika dan bahan pembelajaran yang dapat membina sikap positif siswa terhadap matematika.
  4. Developing Lesson Study in Mathematics Education    Diklat ini mendorong guru matematika menjadi lebih profesional dan inovatif serta belajar untuk menjadi peneliti. 
    Tujuan diklat adalah :
    1.    Untuk Memberikan kepada guru pengertian lesson study dalam pendidikan matematika;
    2.    Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam developing lesson study dalam pembelajaran matematika; 
    3.    Memberi kesempatan pada guru untuk mengimplementasikan dan berpartisipasi dalam aktivitas lesson study;
    4.    Memberikan kesempatan pada guru untuk menjadi peneliti dalam matematika.
  5. Utilization and Development of IT-based Mathematics Learning    Diklat ini mencakup penggunaan berbagai bahan ajar berbasis TI untuk matematika, penggunaan produk genggam TI dan aplikasi komputer dalam mengajar matematika. Hal ini sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan guru terhadap pengetahuan dan pemanfaatan TIK.
  6. Clinical Supervision in Mathematics Education
    Clinical Supervision adalah salah satu pendekatan yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pengajaran matematika dan belajar. Hal ini dirancang untuk melibatkan pengawas dan kepala sekolah dalam peran suportif dan interaktif melalui masukan instruksional, diagnosis, dan pemecahan masalah serta membantu dalam mengembangkan strategi untuk mempromosikan pembelajaran, memotivasi siswa, dan mengelola kelas.
  7. Southeast Asia Realistic Mathematics Education (SEA-RME)    Realistic Mathematics Education adalah sebuah metode atau teori dalam pendidikan matematika yang menggabungkan konsep matematika sebagai aktivitas manusia, bagaimana murid belajar matematika, dan bagaimana mengajarkannya. Tujuan diselengarakannya diklat ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada guru untuk memahami teori RME, meningkatkan wawasan dan kompetensi dalam belajar mengajar matematika menggunakan RME, serta memberikan pengalaman pembelajaran menggunakan SEA RME.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lanjut mengenai jadwal pelaksanaan dan persyaratan diklat regular SEAQiM dapat mengakses langsung pada laman SEAQiM www.qitepinmath.org